Seach What Do you Want

Sunday 17 October 2010

Pengertian Imperialism dan kolonialism

  Secara bahasa kata imperialisme yang berasal dari kata”imperare” yang artinya suatu negara untuk menguasai negara lain demi kepentingan ekonomi, politik dan budaya agar mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi negaranya. Dari situ kemudian berkembang istilah imperator yaitu sebutan untuk orang yang berkuasa atas suatu wilayah. Sedangkan wilayah kekuasaanya kemudian disebut dengan  imperium.
        Pengertian imperialisme secara umum adalah tindakan suatu negara atau bangsa yang ingin menaklukan bangsa lain dengan tujuan untuk menguasai daerah tersebut agar dapat menunjuk aspek kehidupan dari negara penakluk tersebut. Imperialisme biasanya dilakukan oleh negara atau bangsa yang memiliki kekuatan militer yang kuat serta memiliki persenjataan yang kuat pula sehingga mudah melakukan penaklukan. Biasanya negara-negara tersebut yang sudah mengalami kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, misalnua spanyol, inggris, belanda, prancis, dan lain sebagainya.
        Dalam sejarah imperialisme yang dilakukan oleh negara-negara kuat dibedakan menjadi dua macam yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Keduanya adalah memiliki kesamaan tujuan yaitu untuk menguasai daerah untuk kepentingan pribadi negara imperialisme. Adapun perbedaan dari kedua imperialisme tersebut adalah sebagai berikut.

JenisImperialisme KunoImperialisme Modern
-Dari segi waktu terjadinya 
Dari segi kepentingan 









-Negara Pelopor
terjadi sebelum revolusi industri 
Berpijak pada semboyan 3 G (Gold, Gospel, Glory) 
Gold; memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya 
Gospel;menyebarkan agama 
Glory;Memperoleh kejayaan secara politik 
Portugis dan Spanyol
terjadi setelah revolusi industri 
-Menguasai suatu daerah untuk kepentingan industri yaitu; 
- tempat mendapatkan bahan mentah 
-tempat memasarkan hasil 
-tempat menanamkan modal 
Inggris 
        Kolonialisme secara bahasa berasal dari kata colunus yang dapat diartikan sebagai suatu tindakan untuk menguasai daerah tertentu. Kolonialisme menjadi negara yang ditaklukan menjadi negara koloni yaitu negara yang harus tunduk dibawah kekuasaan negara kolonial. Dalam kolonialisasi negara koloni hanya menhadi suatu negara yang harus mau mengikuti apa yang diperintahkan oleh negara kolonial dengan menggunakan cara 

1 comment: