Seach What Do you Want

Monday 18 October 2010

STATISTIKA

APA ITU STATISTIK?

Statistik, secara populer, sering diartikan sebagai data atau hasil hitungan berdasarkan data. Statistik juga dapat diartikan sebagai information science yang telah teruji keunggulannya. Secara fundamental, statistik adalah sebuah fungsi terukur (measurable function).


APA ITU STATISTIKA?

Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan data. Hal-hal yang tercakup dalam statistika adalah pengumpulan, klasifikasi, peringkasan, organisasi, analisis, dan interpretasi informasi numerik.


BEDA STATISTIK DENGAN STATISTIKA

Statistik itu karakteristik dari sampel dan statistika itu adalah ilmu yang memepelajari, mengolah, dan menyimpulkan data.


MACAM-MACAM STATISTIK

A. Statistik Deskriptif
Satistik deskriptif merupakan bidang statistika yang mempelajari tentang susunan, penyajian data, yaitu dengan deskripsi atau penggambaran data yang diperoleh. Jadi, dalam statistika deskriptif membicarakan tentang cara-cara pengumpulan data, menyederhanakan data eksperimen, kemudian mengadakan pengukuran pemusatan dan penyebaran data.

B. Statistik Induktif
Statistik induktif merupakan bidang statistika yang mempelajari penarikan kesimpulan yang merupakan generalisasi dari suatu populasi berasarkan sampelnya. Adapun yang termasuk kegiatan dalam statistika induktif adalah estimasi/perkiraan, peramalan (forecast), uji hipotesis, penghitungan dan uji kemaknaan asosiasi, dan lain sebagainya. Berdasarkan metode yang digunakan statistika induktif sendiri terbagi menjadi dua yaitu statistik parametrik dan statistic non parametrik.

C. Statistik Parametrik
Statistik parametrik merupakan statistik induktif yang mempertimbangkan satu atau lebih parameter populasi. Biasanya pada statistik parametrik berbijak pada suatu asumsi spesifik populasinya berdistribusi normal, selain itu data berukuran interval.

D. Statistik Non Parametrik
Statistik non parametrik merupakan bagian dari statistik induktif yang tidak mempertimbangkan nilai parameter populasi. Jadi, analisa data pada statistika non parametrik tidak di dasarkan pada asumsi nominal dan ordinal.
ISTILAH-ISTILAH DALAM STATISTIK

1.      Data
Data adalah sesuatu yang digunakan atau dibutuhkan dalam penelitian dengan menggunakan parameter tertentu yang telah ditentukan.misalnya data jumlah penduduk, data berat badan, data sikap konsumen, data laporan keuangan suatu perusahaan, dll.
 
2.      Variable
Variable adalah suatu yang beragam atau bervariasi.

3.      Populasi
Populasi adalah keseluruhan objek yang mnjadi perhatian dalam suatu eksperimen.

4.      Sampel
Sampel adalah sebagian objek yang diambil dari populasi dimana karakteristiknya akan diselidiki dan dianggap dapat mewakili seluruh populasi yang menjadi perhatian dalam eksperimen.

5.      Random
Yang dimaksud dengan pengambilan sampel dari suatu populasi secara random adalah pengambilan dimana setiap objek mempunyai probabilitas sama untuk terpilih. Dengan kata lain, sang peneliti tidak memilih objek tertentu untuk dijadikan sampel dalam ekspeimen.

6.      Non Random
Sampel non random adalah cara pengambilan dimana sang peneliti memilih objek tertentu untuk dijadikan sampel. Cara non random ini biasanya disebut dengan sampel tetap (fixed sample).

7.      Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara tentang rumusan masalah penelitian yang belum dibuktikan kebenarannya.

8.      Signifikan
Signifikan artinya meyakinkan atau berarti, dalam penelitian mengandung arti bahwa hipotesis yang telah terbukti pada sampel dapat diberlakukan pada populasi.

9.      Probabilitas
Probabilitas adalah peluang munculnya kejadian. Besarnya peluang melakukan kesalahan disebut taraf signifikansi (tingkat signifikansi), jadi taraf signifikansi dapat dinyatakan dengan probabilitas (nilainya sama).

10. Korelasi
      Korelasi adalah metode untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan dua peubah atau lebih yang digambarkan oleh besarnya koefisien korelasi.


11. Mean
Mean/rata-rata yaitu jumlah pengukuran dibagi dengan banyaknya pengukuran.

12. Median
Median yaitu bilangan tengah apabila data pengukuran tersebut diatur (urut nauk/turun).

13. Modus
Modus atau mode adalah sekor atau nilai yang mempunyai frekuensi paling banyak.

14. Distribusi Frekuensi
Distribusi frekuensi yaitu pembagian nilai menurut kelompok atau kategori masing-masing yang dimuat di dalam kolom dan lajur.

15. Deviasi
Deviasi adalah selisih atau simpangan masing-masing sekor atau interval dengan nilai rata-rata hitungnya.

16. Sampling
Sampling yakni metode atau teknik pengambilan unit analisis dari populasi untuk dijadikan bahan studi lebih lanjut.

17. Diagram
Diagram adalah lambang-lambang tertentu yang dapat digunakan untuk menjelaskan sarana, prosedur serta kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.

18. Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan tentative yang merupakan dugaan mengenai apa saja yang sedang kita amati dalam usaha untuk memahaminya.

19. Analisis
      Analisis adalah sifat uraian, penguraian, kupasan.

20. Histogram
Histogram adalah sejenis tipe bar yang digunakan untuk menggambarkan suatu distribusi frekuensi, dan juga dipakai untuk melihat apakah sebuah data berdistribusi normal ataukah tidak.          

21. Interpretasi
Interpretasi atau penafsiran adalah proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara yang tak dapat menggunakan simbol-simbol yang sama, baik secara simultan (dikenal sebagai interpretasi simultan) atau berurutan (dikenal sebagai interpretasi berurutan).




22. Forecasting
Peramalan (Forecasting) adalah proses untuk memperkirakan berapa kebutuhan dimasa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas, kualitas, waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang ataupun jasa.

23. Diagram
Diagram adalah penyajian data dalam gambar yang menjelaskan laporan secara visual.

24. Generelisasi
Generalisasi adalah kesimpulan umum yang berlaku untuk anggota-anggota populasinya berdasarkan sampel-sampel yang representative.

25. Distribusi
Distribusi adalah penyaluran, pembagian atau pencaran.

26. Ogive
Ogive adalah distribusi frekuensi kumulatif yang digambarkan diagramnya dalam sumbu tegak dan mendatar.

27. Poligon
Poligon adalah grafik garis dari distribusi frekuensi.

28. Grafik
Grafik adalah penyajian data dalam bentuk gambar-gambar, biasanya berasal dari tabel.

29. Frekuensi
Frekuensi adalah suatu hal yang menunjukkan atau memuat banyaknya kejadian atau frekuensi dari suatu kejadian.

30. Estimasi
      Estimasi merupakan sebuah statistik cuplikan yang dipergunakan untuk menaksir sebuah parameter yang tidak diketahui.

31. Datum
      Datum adalah bentuk tunggal dari data.

32. Teori
      Teori adalah sebagai suatu spekulasi, sesuatu yang belum terbukti kebenarannya, yang mendasari ilmu pengetahuan.

33. Sintesis
      Sintesis adalah hasil akhir dari percobaan untuk menggabungkan antara thesis dan anti thesis.

34. Proposisi
      Proposisi adalah suatu kalimat deklaratif yang hanya memiliki satu nilai pernyataan, benar atau salah.
35. Indikator
      Indokator adalah alat pemantau sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan.

No comments:

Post a Comment